Perluas Perpus Wonosobo, Butuhkan Dana 7M
Para pegawai KPU Wonosobo tengah membongkar paving di Halaman KPU Wonosobo akan dipasang di Kantor KPU yang baru ditempati Jalan Sabuk Alu karena untuk perluasan Perpustakaan kabupaten kantor KPU ikut dibongkar. (photo:sumali)Bangunan Perpustakaan Kabupaten Wonosobo pada tahun ini bakal diperluas. Dalam pembangunan tersebut digelontorkan anggaran mencapai Rp 7 miliar 70 juta  yang bersumber dari Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Rencananya pembangunan ini akan menambhak fasilitas dalam peningkatan pelayanan perpustakaan.
Menurut Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Kabupaten Wonosobo, Susanto, bahwa rencana pembangunan Perpustakaan Kabupaten tersebut akan dimulai pada bulan ini, diawali dengan tender kepada pihak ketiga sebagai konsultan pembangunan.
“ Pekan ini rencana lelang bagi calon konsultan akan dilaksanakan,”katanya
Setelah lelang konsultan, lanjut dia, perencanaan selama 60 hari konsultan perencanaan pemenang tender akan bekerja untuk membuat rencana anggaran biaya (RAB) serta Detail engenering disain (DED) .Kemudian setelah kerja konsultan selesai maka akan dilanjutkan dengan pelaksanaan tender untuk menentukan pelaksana pembangunan.
“ Pada bulan April mendatang, sesuai perencanaan kita harapkan  pembangunan sudah dimulai,”jelasnya
Dijelaskan dia, bahwa rencana pembangunan Perpustakaan Kabupaten ini akan berada pada area tanah yang sama dengan bangunan saat ini. Namun untuk perluasan pembangunan sejumlah kantor seperti KPU, Dinas Priwisata dan Kebudayaan (Diparbud) , kantor LVRI serta sekretariat Pramuka akan dipindah. Sebab, seluruh area dimana tempat semua bangunan iru berdiri, akan dipugar dan dibangun untuk fasilitas Perpustakaan Kabupaten.
“Semua bangunan sesuai sertifikat yang berdiri akan dihancurkan kemudian akan dibangun untuk perpustakaan,”paparnya
Ditambahkan dia, bahwa dengan pembangunan ini direncanakan untuk fasilitas pelayanan perpustakaan akan bertambah. Diantaranya perluasan baca, ruang refferensi, penambahan fasilitas berupa ruang teater  untuk memutar film potensi Wonosobo, Ruang pameran produk industri lokal serta taman untuk pengunjung.
“ Harapannya dengan dibangun ruang pameran akan menjadi sarana peningkatan ekonomi. Selain itu untuk ruang teater diharapkan akan pijakan pertama bagi toris sebelum mengunjungi tempat wisata di Wonosobo,”tukasnya
Untuk pembagian area, imbuh dia, saat ini tanah yang dimiliki sekitar 9000 meter. Diatas tanah tersebut direncanakan akan dibagi untuk   bangunan perpustakaan 1400 meter, landscape 4400 meter, serta 3000 meter untuk area parkir.
“ berdasarkan sertifikat area tanah seluas 7310 meter. itu belum termasuk tempat menjual bunga yang masih masuk area Perpustakaan,”pungkasnya (rase)
(sumber e-wonosobo.com)
0 Responses