--->Selamat Datang di Situs Wonosobo<---
Peta Kuliner Wonosobo


Wilayah Wonosobo merupakan Kabupaten yang terletak di wilayah Selatan Jawa Tengah.  Dari jalur transpotasi darat sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara untuk tujuan Jakarta dan Bandung.  Arah utara berbatasan dengan Pekalongan da Batang sedangkan dari arah timur untuk tujuan Semarang dan Jogjakarta berbatasan dengan Temanggung dan Magelang.
Disepanjang jalan Banjarnegara – Wonosobo mulai terdapat banyak rumah makan di wilayah Kecamatan Leksono dan Selomerto , misalnya, RM Mufiduqi, RM Tumbuh lagi, RM Sate Barokah, RM Mulia, RM Serayu. masing-masing Rumah makan ini menjajakan sajian makanan yang berbeda.
RM Mufiduqi Lekosno misalnya, letak RM ini cukup nyaman dan lestari, sebab terletak dibantaran sungai serayu sehingga tidak hanya menu makanan yang disuguhkan, namun bagi yang ingin  makan sekligus istirahat bisa menjadi pilihan tepat sembari menikmati pesona alam. Menu makanan yang dijual berupa ikan dan ayam bakar. Yang tak dapat di tempat lain, RM ini menyuguhkan menu pengantar berupa singkong rebus yang rasanya khas dimasak empuk dan pilihan rasa tergantung selera ada dua pilihan rasa manis atau asin.
Tak jauh dari tempat tersebut, terdapat RM Serayu, RM sederhana ini tak kalah menarik, karena harga yang dipatok sekali makan tak tinggi kisaran 10-20 ribu satu porsi tergolong pilihan menu kita. menu yang menarik dari RM ini menyediakan berbagai jenis ikan yang dimasak beragam, seperti opor, goreng, hingga dibakar. Yang paling khas dari RM Serayu ini ikan yang dijual berasal dari sungai serayu. Tentu kelezatanya berbeda dengan ikan laut.
Sementara bagi penikmat sop iga dan kikil kambing, bisa mampir di RM Tumbuh Lagi yang terletak di Selomerto.RM ini  telah berdiri lama dengan menu spesial Sop Daging kambing. Falititas yang diberikan selain menu sop yang lezat dan dengan kuah kental, area parkir luas juga terdapat musala.
Sedangkan bagi penikmat Sate Kambing, Agaknya RM Sate Barokah pilihan yang tepat. Racikan bumbu sate tergolong biasa, hanya bawang dan sambal kacang, namun daging kambingnya dikenal enak karena dari bahan daging kambing muda dengan cara membakar setengah matang,namun tetap terasa empuk dan enak dilidah. Harga satu porsi Rp 12 ribu. Tak hanya sate, bagi yang menyukai gulai dan tongseng bisa memesan.
Wonosobo- Dieng
Jalur Wonosobi – Dieng tidak hanya menyambungkan dengan Kawasn Wisata, namun dari Dieng terdapat 3 Jalur yakni menuju Kabupaten Banjarnegara, Batang dan Pekalongan.
Di sepanjang jalan Wonosobo Dieng, terdapat banyak pilihan Rumah Makan, diantaranya di Sepanjang jalan Honggoderpo terdapat berbagai warung serta sentra oleh-oleh khas Wonosobo seperti kripik,jamur Dieng, serta carica dan menuman seduhan purwaceng. di Jalan pemuda terdapat RM Tamansari,Bugangan terdapat RM Resto Ongklok, RM Selera, di Kecamatan Garung terdapat RM Mentok Kuripan, RM Cemara Tujuh.
Diantara sekian Rumah Makan, menu yang dijual ada beberapa yang sama , misal RM Tamansari, RM Resto Ongklok, keduanya menyajikan Mie Ongklok dan es carica makanan dan minuman khas Wonosobo menjadi salah satu menu disamping tetap menyediakan menu lain. harga yang dipasang untuk satu porsi Mie ongklok antara Rp 10-15 ribu.
Bagi penikmat masakan kambing, tetap bisa mendapakan di jalur menuju Dieng ini, RM Selera bisa menjadi pilihan. RM yang sudah cukup lama berdiri dengan menu khas kikil ini terkenal enak, sebab kaki kambing dan kepala kambing dibuat sop kental dengan bumbu padat. Untuk satu porsi harga cukup terjangkau Rp 18 ribu sudah cukup kenyang. Selain itu, RM Selera bisa menjadi tempat berburu oleh-oleh khas Wonosobo dari beragam kripik, carica hingga kacang jamur Dieng.
Wonosobo Temanggung
Jalur Timur Wonosobo – Temanggung tak kalah menarik untuk mencari RM Makan, sepanjang jalan Wonosobo- Kertek misalnya, terdapat banyak Rumah Makan, Seperti RM Muray, RM Sindoro Sumbing (SS), RM Dieng, RM Sarirasa,RM Gayatri serta RM Joglo
Diantara sekian Rumah Makan, RM Muray dan RM Sindoro Sumbing menyajikan menu yang hampir sama,menu andalannya ikan bakar dan goreng yang bisa langsung dipancing dari kolam di Rumah Makan tersebut.
Bagi penggemar sate, RM Sarirasa pilihan yang tepat, terletak di ibu kota Kecamatan Kertek. menu yang disajikan mungkin biasa, hanya sate kambing, namun jangan salah, sate kambing di tempat ini berbeda,selain daging kambing muda yang disajikan, sambal kacang warung ini punya rasa yang lezat dan enak. Harganya cukup terjangkau satu porsi hanya Rp 14 ribu.
Bagi yang mudik bersama keluarga, RM Gayatri bisa menjadi pilihan  tepat, sebab menyajikan menu banyak pilihan, diantaranya sop iga, mie ongklok, bakso, serta beragam menu lain. RM Gayatri terletak di jalan antara Parakan –Wonosobo. mempunyai halaman parkir luas. Harga satu porsi di RM ini saru porsi antara Rp 10- Rp 20 ribu. Terganting menu yang dipilih.Enaknya lagi, bagi yang ingin membeli oleh-oleh khas Wonosobo RM Gayatri juga menyediakan.
Seperti tahun sebelumnya, selama libur lebaran sejumlah RM di Wonosobo sudah mulai buka pada lebaran kedua, terutama untuk RM yang terletak antara Jalan Banjarnegara- Wonosobo dan Jalan Wonosobo- Temanggung. Sedangkan untuk RM yang terletak di Wonosobo- Dieng baru mulai buka setelah hari ketiga lebaran. (Sumali)
(diambil dr e-wonosobo.com)
0 Responses