WONOSOBO EXPO 2011
Untuk mempromosikan industri rumah tangga dan kesenian budaya Wonosobo. Jelang peringatan hari jadi pada 24 Juli mendatang, akan digelar Wonosobo Ekspo. Dalam event yang direncakanan selam lima hari (7-11/7) ini akan dipamerkan berbagai hasil industri UMKM. Selain itu, dalam even yang sama akan dilakukan temu Buyer bersama pelaku UMKM.

Menurut Agus Purnomo Kepala Bagian Humas Setda Wonosobo yang juga Ketua Panitia Wonosobo Ekspo, pada even ini akan dihelat di Halaman dan Gedung Sasana Adipura. Jumlah instansi dan lembaga yang akan terlibat mencapai 128 peserta.

“ Yang akan dipamerkan dalam ajang ini dari berbagai hasil industri dan karya budaya Wonosobo. Selain itu juga ada bazar otomotif dan elektronik,”katanya.

Disebutkan dia, Wonosobo Expo akan diprioritaskan pada potensi kuliner dan produk unggulan daerah melalui UMKM, namun juga wajah Wonosobo melalui berbagai potensi yang ada, seperti kerajinan, makanan khas, serta berbagai produk konsumtif untuk dinikmati seluruh masyarakat Wonosobo dan luar Wonosobo.

“ Pada Pembukaan Wonosobo Expo 2011 ini, juga sebagai pembuka peringatan Hari Jadi Wonosobo,  dimana Penyerahan panji-panji daerah dari Bupati kepada Camat secara simbolis yang kemudian akan dikirab di setiap kecamatan dan desa,” katanya

Tak hanya itu, kata dia, dalam rangkaian acara ini juga akan di launching Baju Adat Wonosobo dalam bentuk Peragaan Busana Adat Wonosobo oleh para pejabat Pemkab, Kesenian Tradisional seperti tari Pesona Batik dan Kesenian Reog, Keroncong, serta Festival Kuliner .

“ Kita berharap, Wonosobo Expo 2011 bisa menjadi ajang wisata kuliner, wisata edukasi, wisata hiburan, dan promo unggulan daerah,”katanya.

Ditambahkan dia, selain memerkan hasil karya dan industri lokal kepada publik. Sebagai upaya mendongkrak pasar hasil industri UMKM dalam rangkaian ini juga akan digelar temu usaha antara pellaku UMKM dan Buyer yang didatangkan dari berbagai daerah termasuk luar negeri. Tujuannya agar para pelaku UMKM bisa memperluas jaringan pemasaran hasil produksinya melalui para buyer.

“ Target kita setelah temu usaha, akan ada komitmen antara pelaku UMKM dan buyer dalam memasarkan hasil industri Wonosobo,” pungkasnya.

sumber : e-wonosobo.com
0 Responses